top of page

Nahay Solutions Group

Public·5 members

Soal Olimpiade IPA SMP dan Pembahasan: Materi Fisika, Biologi, dan Kimia


Soal Olimpiade IPA SMP dan Pembahasan: Persiapan Menghadapi OSN 2023




Olimpiade Sains Nasional (OSN) adalah kompetisi sains tingkat nasional yang diikuti oleh siswa-siswa berprestasi dari seluruh Indonesia. OSN meliputi berbagai bidang sains, salah satunya adalah Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Bagi kamu yang ingin mengikuti OSN IPA SMP tahun 2023, tentu kamu harus memiliki persiapan yang matang agar bisa meraih prestasi terbaik. Salah satu persiapan yang wajib kamu lakukan adalah dengan belajar dan berlatih mengerjakan soal olimpiade IPA SMP dan pembahasan yang sesuai dengan materi dan kurikulum OSN.




soalolimpiadeipauntuksmpdanpembahasan



Pada artikel ini, kami akan memberikan beberapa informasi penting tentang OSN IPA SMP, serta beberapa contoh soal olimpiade IPA SMP dan pembahasan yang bisa kamu gunakan sebagai bahan latihan dan referensi. Soal-soal ini mencakup berbagai topik IPA yang umum diujikan pada OSN, seperti fisika, biologi, dan kimia. Soal-soal ini juga disertai dengan kunci jawaban dan penjelasan singkat yang bisa membantu kamu memahami konsep dan rumus yang digunakan.


Tanpa berlama-lama lagi, mari kita simak informasi penting tentang OSN IPA SMP dan contoh soal olimpiade IPA SMP dan pembahasan berikut ini!


Informasi Penting tentang OSN IPA SMP




Sebelum kamu mulai belajar dan berlatih mengerjakan soal-soal olimpiade IPA SMP, ada baiknya kamu mengetahui informasi penting tentang OSN IPA SMP terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa informasi penting tentang OSN IPA SMP yang perlu kamu ketahui:


  • Tujuan OSN IPA SMP. OSN IPA SMP bertujuan untuk meningkatkan prestasi siswa di bidang sains, khususnya IPA. OSN IPA SMP juga bertujuan untuk menciptakan siswa yang berdaya saing secara nasional maupun internasional, serta mengembangkan budaya olimpiade yang sehat dan berkembang di kalangan siswa.



  • Kurikulum dan silabus OSN IPA SMP. Kurikulum dan silabus OSN IPA SMP merupakan pedoman bagi siswa dan guru dalam mempersiapkan diri menghadapi OSN IPA SMP. Kurikulum dan silabus OSN IPA SMP mencakup materi-materi IPA yang relevan dan sesuai dengan standar kompetensi nasional maupun internasional. Kamu bisa mengunduh kurikulum dan silabus OSN IPA SMP dari situs resmi Pusat Prestasi Nasional (https://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/).



  • Jadwal pelaksanaan OSN IPA SMP. Jadwal pelaksanaan OSN IPA SMP biasanya diumumkan oleh Pusat Prestasi Nasional melalui situs resminya. Jadwal pelaksanaan OSN IPA SMP terdiri dari beberapa tahap, yaitu seleksi tingkat sekolah, seleksi tingkat kabupaten/kota, seleksi tingkat provinsi, dan seleksi tingkat nasional. Untuk tahun 2023, jadwal pelaksanaan OSN IPA SMP belum diumumkan secara resmi.



  • Bentuk soal dan sistem penilaian OSN IPA SMP. Bentuk soal dan sistem penilaian OSN IPA SMP bervariasi tergantung pada tingkat seleksi dan penyelenggara. Namun, secara umum, bentuk soal OSN IPA SMP terdiri dari soal pilihan ganda, soal isian singkat, soal uraian, dan soal eksperimen. Sistem penilaian OSN IPA SMP menggunakan skor akhir yang didapat dari jumlah skor tiap jenis soal dikurangi dengan skor pengurang (jika ada).



Persyaratan peserta OSN IPA SMP. Persyaratan peserta OSN IPA SMP adalah sebagai berikut:


  • Siswa kelas 7, 8, atau 9 pada tahun pelajaran 2022/2023.



  • Mempunyai prestasi akademik yang baik di bidang sains.



  • Mempunyai minat dan bakat di bidang sains.



  • Mempunyai surat rekomendasi dari sekolah.



  • Mempunyai surat keterangan sehat dari dokter.



  • Mempunyai surat persetujuan orang tua/wali.



Itulah beberapa informasi penting tentang OSN IPA SMP yang perlu kamu ketahui. Dengan mengetahui informasi penting tentang OSN IPA SMP, kamu bisa mempersiapkan diri dengan lebih baik untuk menghadapi kompetisi sains tersebut.


Soal Olimpiade IPA SMP dan Pembahasan: Fisika




Fisika adalah salah satu cabang IPA yang mempelajari fenomena alam yang berkaitan dengan materi, energi, gaya, gerak, panas, cahaya, listrik, magnet, dan gelombang. Untuk menguasai fisika, kamu perlu menghafal rumus-rumus penting dan mampu menerapkannya dalam menyelesaikan soal-soal fisika. Berikut adalah beberapa contoh soal olimpiade IPA SMP dan pembahasan bidang fisika.


Seorang siswa diberi tugas untuk membuat skala pada termometer batang X. Suhu es mulai mencair ditetapkan setinggi 20X dan suhu air mendidih sebesar 170X. Termometer X digunakan untuk mengukur suhu air dan angka yang ditunjuk 140X. Jika suhu air tersebut diukur dengan termometer Celcius, suhu yang ditunjuk .


  • A. 90C



  • B. 80C



  • C. 72C



  • D. 64C



Jawaban: B


Pembahasan: Untuk menentukan suhu air dalam skala Celcius, kita bisa menggunakan rumus konversi antara dua skala termometer yang berbeda, yaitu:


adalah kalor yang dilepas oleh logam P


adalah kalor yang diterima oleh air


Kalor yang dilepas oleh logam P bisa dihitung dengan rumus:


Dimana:


adalah massa logam P


adalah kalor jenis logam P


adalah suhu awal logam P


adalah suhu akhir campuran


Kalor yang diterima oleh air bisa dihitung dengan rumus:


Dimana:


adalah massa air


adalah kalor jenis air (4.200 J/kgC)


adalah suhu awal air


Dengan mengganti nilai-nilai yang diketahui ke dalam hukum kekekalan kalor, kita dapat mencari sebagai berikut:


Jadi, kalor jenis logam P adalah -420 J/kgC.


Perhatikan beberapa pernyataan berikut.


  • Atlet terjun payung, energi kinetiknya makin besar dan energi potensialnya makin kecil.



  • Sepeda bergerak bebas pada jalan menurun, energi kinetiknya makin kecil dan energi potensialnya makin besar.



  • Peluru ditembakkan vertikal, energi kinetiknya berkurang dan energi potensialnya bertambah.



  • Buku berada di atas meja, energi kinetiknya nol dan energi potensialnya juga nol.



Pernyataan yang benar adalah .


  • A. i) dan ii)



  • B. i) dan iii)



  • C. ii) dan iii)



  • D. ii) dan iv)



Jawaban: B


Pembahasan: Pernyataan i) benar karena atlet terjun payung memiliki ketinggian yang berkurang dan kecepatan yang bertambah saat jatuh bebas. Pernyataan ii) salah karena sepeda bergerak bebas pada jalan menurun memiliki ketinggian yang berkurang dan kecepatan yang bertambah. Pernyataan iii) benar karena peluru ditembakkan vertikal memiliki ketinggian yang bertambah dan kecepatan yang berkurang saat naik. Pernyataan iv) salah karena buku berada di atas meja memiliki energi kinetik nol dan energi potensial positif.


Mobil mulai bergerak dan mendapat percepatan tetap. Pada akhir detik kedua jarak yang ditempuh 8 m. Jarak yang ditempuh mobil pada akhir detik ke-5 adalah .


<ul


  • A. 20 m



  • B. 40 m



  • C. 60 m



  • D. 80 m



Jawaban: C


Pembahasan: Untuk menentukan jarak yang ditempuh mobil pada akhir detik ke-5, kita bisa menggunakan rumus gerak lurus berubah beraturan, yaitu:


Dimana:


adalah jarak yang ditempuh


adalah percepatan tetap


adalah waktu tempuh


adalah kecepatan awal


adalah jarak awal


Karena mobil mulai bergerak, maka dan . Rumus gerak lurus berubah beraturan menjadi:


Untuk mencari percepatan tetap , kita bisa menggunakan data jarak yang ditempuh pada akhir detik kedua, yaitu 8 m. Dengan mengganti nilai-nilai yang diketahui ke dalam rumus, kita dapat mencari sebagai berikut:


Jadi, percepatan tetap mobil adalah 4 m/s.


Untuk mencari jarak yang ditempuh mobil pada akhir detik ke-5, kita bisa mengganti nilai-nilai yang diketahui ke dalam rumus, yaitu:


Jadi, jarak yang ditempuh mobil pada akhir detik ke-5 adalah 50 m.


Sebuah benda bermassa 10 kg digantungkan pada sebuah pegas. Benda tersebut bergetar dengan frekuensi 5 Hz dan amplitudo 10 cm. Energi potensial elastis maksimum dari benda tersebut adalah .


ca3e7ad8fd


About

Welcome to the group! You can connect with other members, ge...
bottom of page