top of page

Nahay Solutions Group

Public·5 members

Novel Belenggu Karya Armijn Pane Pdf 536


Novel Belenggu Karya Armijn Pane Pdf 536




Novel Belenggu adalah salah satu karya sastra Indonesia yang ditulis oleh Armijn Pane pada tahun 1940. Novel ini dianggap sebagai novel psikologis pertama di Indonesia yang menggambarkan konflik batin dan cinta segitiga antara seorang dokter, istrinya, dan teman masa kecilnya. Novel ini juga menampilkan perbedaan antara nilai-nilai modern dan tradisional dalam masyarakat Indonesia pada masa itu. Novel ini telah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa, termasuk bahasa Inggris.


DOWNLOAD: https://emcomcapa.blogspot.com/?file=2w3Wjo


Novel ini pertama kali ditawarkan oleh Armijn Pane kepada Balai Pustaka, penerbit resmi negara Hindia Belanda, pada tahun 1938. Namun, novel ini ditolak karena dianggap tidak bermoral dan tidak sesuai dengan kriteria buku yang "baik" menurut Balai Pustaka. Novel ini kemudian diterbitkan oleh majalah sastra Poedjangga Baroe dalam tiga bagian dari April hingga Juni 1940. Novel ini juga merupakan satu-satunya novel yang diterbitkan oleh majalah tersebut. Pada tahun yang sama, novel ini diterbitkan dalam bentuk buku oleh Pustaka Rakyat, Jakarta. Sejak itu, novel ini telah dicetak ulang beberapa kali oleh penerbit lain, seperti Dian Rakyat, Gramedia, dan Lontar Foundation.


Novel ini berkisah tentang kehidupan dan percintaan dokter Sukartono (Tono) dengan dua orang wanita. Tono adalah seorang dokter berpendidikan Belanda yang memiliki minat terhadap seni dan romantisme. Ia menikah dengan Sumartini (Tini), seorang gadis pesta yang cantik dan modern. Namun, rumah tangga mereka tidak harmonis karena Tono terlalu sibuk dengan pekerjaannya sebagai dokter dan Tini merasa disepelekan dan bosan dengan kehidupan rumah tangga. Hubungan mereka semakin renggang ketika Tono bertemu kembali dengan Rohayah (Yah), teman masa kecilnya yang sekarang menjadi wanita penghibur. Yah masih mencintai Tono dan mulai menggoda Tono untuk berselingkuh dengan dirinya. Tono pun tergoda dan jatuh cinta lagi dengan Yah. Cinta segitiga ini akhirnya membuat ketiganya menderita dan kehilangan orang yang paling dicintai.


Novel ini menggunakan gaya penulisan yang berbeda dari novel-novel Indonesia sebelumnya. Armijn Pane menginspirasi novel ini dari teori psikoanalisis milik Sigmund Freud dan mencoba untuk mencerminkan aliran pikiran manusia dalam novelnya. Ia menggunakan teknik elipsis, monolog, dan dialog untuk menunjukkan konflik batin tokoh-tokohnya. Ia juga menggunakan kata-kata Belanda dan bahasa gaul dalam dialog-dialognya untuk menunjukkan latar belakang sosial dan pendidikan tokoh-tokohnya. Novel ini juga mengandung unsur-unsur realisme, naturalisme, dan romantisme dalam penggambaran tokoh-tokohnya.


Novel ini mendapat sambutan yang beragam dari para pembaca dan kritikus sastra. Ada yang memuji novel ini sebagai karya sastra yang inovatif, orisinal, dan mencerminkan konflik yang dihadapi oleh para intelektual Indonesia pada masa itu. Ada juga yang mengkritik novel ini sebagai karya sastra yang porno, imoral, dan merusak moral bangsa Indonesia karena mengandung tema-tema seperti perselingkuhan, pelacuran, aborsi, bunuh diri, dan alkoholisme. Novel ini juga dianggap sebagai karya sastra yang kontroversial karena menantang nilai-nilai tradisional seperti kesetiaan perkawinan, kesucian wanita, dan peran keluarga dalam masyarakat Indonesia.


Novel Belenggu karya Armijn Pane dapat diunduh dalam format pdf dengan ukuran 536 KB di [sini]. Novel ini juga dapat dibaca secara online di [sini]. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang pengarang novel ini, silakan kunjungi [halaman ini].


About

Welcome to the group! You can connect with other members, ge...
bottom of page